2008-10-14

rumit or dibikin rumit?

perbincangan mengenai syiah terpaksa tampak rumit hanya karena ketidakberadaan sumber (marji') utama syiah secara public.

sekian banyak rencana dialog sunah-syiah gagal hanya karena pihak syiah tidak bersedia membuka alkaafy dalam dialog.

barometer yang dipergunakan mengukur ketersediaan (availability) itu adalah keberadaan kitab tersebut di pasaran bebas. dimana siapa saja yang mampu membeli di toko, maka dia bisa mendapatkannya.

benarlah asumsi komunitas cendekiawan bahwa syiah merupakan ideologi mistis. dimana landasan utama ideologi tersebut sulit diakses. memang, ideologi tidak harus dibangun atas dasar penalaran logis. namun bisa juga dibangun atas dasar fanatisme semata.

jika dikatakan bahwa Ali adalah pintu ilmu menuju kota ilmu, maka logis jika Ali dan para imam lainnya merekomendasikan, memilih dan memilah hadis-hadis nabi yang bisa menjadi sandaran bagi pengikut (syiah).

jika beliau dan ke-11 imam lainnya tidak satupun merekomendasikan sebuah kitab hadis, maka itu sebuah pelanggaran tugas seorang imam.

sebaiknya syiah secara gentle mempresentasikan kitab alkaafy dan atau kitab hadis hasil rekomendasi para imam yang ma'sum.

No comments: